Selamat Datang Di KKM MI Mojo, semoga kita sukses selalu, Amin

Jumat, 07 Oktober 2011

NASEHAT BERHIKMAH SEBAGAI AIR SEGAR YANG BISA MENYIRAMI HATI YANG GERSANG

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mengalami kepenatan hidup, masalah yang bertubi-tubi dan tak kunjung selesei, pikiran yang tegang atau kekhawatiran akibat kenakalan anak dan kemajuan zaman dari segi negatifnya. Maka ditengah jiwa yang bergejolak ini alangkah baiknya kita meluangkan waktu sejenak untuk mendengar nasehat berhikmah dari para alim, dengan harapan paling tidak bisa menjadi guyuran air yang menyirami ladang hati kita yang lagi kering dan gersang.
  1. Makan sahur adalah sunah dan banyak mengandung barokah “ bersahurlah kalian karena sesungguhnya pada makan sahur terdapat barokah (muttafaqun alaihi). Barokah itu ada yang bersifat duniawi dan ukhrowi diantaranya :  1. Ittba’ assunnah 2. Membedakan diri dengan ahli kitab 3. Memperkuat diri dalam ibadah puasa  4. Mencegah perilaku celek akibat lapar  5. Membantu bangun malam untuk berdzikir dan berdo’a. Dan lain-lain
  2. Barang siapa yang berpuasa dengan iman dan harapan niscaya akan diampuni dosanya yang lalu ( muttafaqun alaihi). Dalam berpuasa harus diperhatikan sahur dan iftiha (berbuka) sebab keduanya adalah prosesi penting dalam berpuasa seseorang, ia adalah ibadah pembeda antara puasa kita dengan puasa ahlul kitab (adalah) adanya makan sahur.
  3. Sehari lagi nafas ini menjadi tasbih, sehari lagi tidur ini menjadi ibadah, sehari lagi do’a-do’a ini di ijabahi, sehari lagi pahala ini dilipat gandakan, tapi itu semua tak akan terjadi sebelum kita semua saling memaafkan, “ Marhaban ya Romadlon mohon maaf lahir dan batin “
  4. Dari Ibnu Abbas RA : Ketika Rasulullah SAW berjalan melalui dua kuburan beliau bersabda : kedua orang dalam kubur ini tersiksa, mereka disiksa bukan karena dosa besar tetapi karena yang satu berjalan mengadu-adu, dan yang satu tidak bersih ketika cebok saat kencing (HR. Bukhori Muslim).
  5. Setidaknya ada 5 hal yang dihadiahkan Alloh untuk orang bertaubat : Diterima taubatnya dengan izin Alloh, ampunan atas dosanya,dicintai Alloh (sesungguhnya Alloh mencintai orang yang bertaubat dan mensucikan diri), keburukan diganti dengan kebaikan, Alloh bergembira dengan taubat hamba-Nya.
  6. Sesungguhnya sedekah memadamkan kemurkaan Alloh dan mencegah kematian dalam suul khotimah... (HR. Tirmidzi)
  7. Firman Alloh dalam hadits qudsi : dan sesungguhnya aku (Alloh) tidak akan menerima kecuali apa-apa yang dilakukan karena mencarinkeridloaan-Ku... (HR. Thobroni)
  8. Nabi SAW : Seorang mukmin dengan akhlaq baiknya dia bisa mendapatkan derajat yang sama dengan orang yang sholat malam dan puasa di siang hari ... (HR. Ahmad)
  9. Dari Imam Al Ghozali : ada 6 pertanyaan yang perlu kita renungkan di dunia ini ; 1. Apa yang paling dekat dengan diri kita? jawab mati, 2. Apa yang paling jauh dengan diri kita? Jawab masa lalu, 3. Apa yang paling besar? Jawab nafsu, 4. Apa yang paling berat? Jawab memegang amanah, 5. Apa yang paling ringan? Jawab meninggalkan sholat, 6. Apa yang paling tajam? Jawab lidah manusia.
  10. Dari Ibnu Qoyyim ada 6 hal yang menutup taufiq yaitu ; 1. Meninggalkan syukur, menggunakan karunia tidak pada jalannya, 2. Gemar ilmu tapi tidak diamalkan, 3. Menunda taubat, 4. Berteman dengan orang sholeh tapi tidak mau meneladani, 5. Mengejar dunia, 6. Berpaling dari akhirot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar